Siapa yang tidak tahu event organizer? Pihak yang dikenal sebagai penyelenggara event berikut merupakan bisnis yang sudah banyak dikenal di masyarakat umum. Salah satunya pasti karena dianggap menguntungkan, namun siapa sangka untuk menjalankan sebuah bisnis event organizer tidaklah semudah itu. Diperlukan adanya konsistensi dan kreativitas dalam waktu bersamaan karena pendapatan yang ada sangat bergantung dengan kepuasan customer. Semakin customer puas, maka mereka cenderung melakukan repurchase atau bahkan merekomendasikan ke temannya. Apalagi dengan persaingan yang ketat dalam industri ini yang membuat kemampuan bisnis baru untuk bertahan semakin sulit. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat dalam menghadapi persaingan bisnis tersebut. Inilah 7 tips dalam membuka bisnis event organizer:
- Tentukan Konsep dan Branding yang Menarik
Dalam bisnis event organizer, hal yang paling utama dilihat tentunya konsep dan branding yang dibawakan event organizer tersebut, ketika konsep yang ditawarkan dianggap kurang menarik, calon customer akan cenderung memilih EO lain yang dianggap lebih menarik. Untuk itu terkait branding dan konsep yang dibawakan merupakan hal dasar yang harus ditentukan untuk dapat memperoleh pelanggan kedepannya.
- Cari dan Kelola Supplier Sebaik Mungkin
Supplier sebagai EO merupakan suatu hal yang sangat penting karena sumber barang-barang yang dibutuhkan akan sangat mempengaruhi kualitas acara. Dalam hal ini, tentu anda harus mencari supplier terbaik dan dapat mengelolanya sebaik mungkin. Dalam hal ini, satu hal yang dapat saya rekomendasikan untuk mengelola supplier adalah dengan menggunakan software ERP terbaik di Indonesia yakni Ukirama ERP. Hal ini dikarenakan anda akan dapat mengelola supplier event organizer anda dengan mudah, karena prosesnya yang efektif dan sudah diintegrasikan dengan satu aplikasi saja.
- Miliki Sistem Manajemen yang Baik
Seperti halnya mengelola supplier, pengelolaan seluruh sumber daya bisnis juga tak kalah penting karena hal tersebut menjadi aset perusahaan. Termasuk dalam pengelolaan sumber daya, sistem pengelolaan yang baik termasuk sistem manajemen dari bisnis event organizer anda. Untuk menerapkan sistem manajemen yang baik, anda perlu memikirkan strategi yang tepat untuk diterapkan, salah satu yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi event organizer terbaik Ukirama ERP. Dengan menggunakan Ukirama ERP anda akan dapat melakukan seluruh proses manajemen dari keuangan, pembelian, penjualan, inventory, dan seluruh proses dalam bisnis ke dalam satu aplikasi sehingga dapat meningkatkan efektivitas bisnis event organizer dengan aplikasi ERP terbaik bahkan dalam hal ini anda dapat monitoring bisnis event organizer dimanapun secara real time. Adanya penggunaan software ERP Ukirama juga akan membantu anda dalam pengiriman barang yang terbilang sangat sering untuk bisnis event organizer, karena Ukirama adalah aplikasi logistik event organizer terlengkap sehingga memungkinkan anda untuk melakukan pengawasan kondisi dan posisi barang selama perjalanan sehingga sistem manajemen anda meningkat.
- Miliki Staff yang Terpercaya
Salah satu hal yang mendukung proses manajemen yang baik adalah sumber daya manusia yang baik. Dengan memiliki staff yang baik, maka kinerja event organizer anda baik di lapangan maupun saat persiapan diluar lapangan juga akan baik. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki staff yang kompeten dan juga dapat diandalkan. Salah satu aplikasi ERP terbaik 2023 yakni Ukirama ERP juga sudah dapat mendukung hal ini. Yakni anda dapat melakukan manajemen karyawan dengan aplikasi bisnis event organizer terbaik, yang mana anda dapat mengatur seluruh penilaian termasuk pembayaran payroll sesuai dengan kinerja masing-masing melalui Ukirama ERP.
- Kelola Keuangan Dengan Efektif
Bisnis event organizer merupakan bisnis yang dibayar per project dan seringkali memiliki pencatatan yang rumit karena banyak orang terlibat didalamnya. Apalagi biasanya project tersebut memiliki biaya yang besar. Untuk itu, penting bagi anda untuk mengelola keuangan dengan efektif supaya menghindari kesalahan dan memaksimalkan keuntungan. Salah satu caranya adalah dengan membuat laporan keuangan bisnis event organizer anda secara otomatis yakni dengan Ukirama ERP, proses otomatis ini akan sangat mempercepat proses pencatatan keuangan anda karena dapat dilakukan secara otomatis dan hal ini tentu akan membuat laporan akuntansi bisnis event organizer dengan lebih mudah, misalnya saja pembuatan income statement atau HPP yang dibuat secara otomatis. Selain hal itu, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pengelolaan keuangan tentu akan lebih mudah karena adanya fitur pembayaran payroll untuk staff yang akan sangat mempermudah sistem keuangan event organizer anda.
- Tingkatkan Efektivitas dengan Teknologi!
Seperti yang anda ketahui penggunaan teknologi dalam bisnis event organizer sangatlah efektif manfaatnya, akan sangat sia-sia ketika anda tidak memanfaatkan hal ini padahal kemajuan teknologi saat ini sudah sangat menguntungkan kita untuk dapat melihat peluang bisnis. Untuk itu, jika anda memang tertarik untuk mencoba Ukirama ERP bersamaan dengan membuat bisnis event organizer anda, saya akan sangat merekomendasikan karena Ukirama adalah aplikasi pendukung bisnis event organizer terbaik.
- Jangan Berhenti Lakukan Marketing dan Manfaatkan Koneksi Sebaik Mungkin
Dan tips terakhir yang dapat saya berikan adalah jangan berhenti lakukan marketing dan manfaatkan koneksi sebaik mungkin, hal ini dikarenakan bisnis event organizer merupakan bisnis yang didasari dari testimoni kepuasan pelanggan satu terhadap yang lain untuk itu sangat penting untuk terus mengenalkan EO ke orang baru dan juga terus mempertahankan koneksi dengan customer lama.Itulah 7 tips dalam membuka bisnis event organizer yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat !