Ketahui Fungsi dan Jenis Kemasan untuk Bisnis Anda

ketahui_fungsi_dan_jenis_kemasan_untuk_bisnis_anda

Bagi mereka yang memiliki bisnis dengan aktivitas utamanya adalah menjual suatu produk, kemasan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dan tidak dapat dianggap remeh. Tidak sedikit para pelaku usaha yang memandang kemasan hanya sebagai pelengkap saja atau sebagai wadah untuk menampung produk yang dijual. Padahal, kemasan yang berbeda bisa memberikan nilai lebih di mata konsumen dan memungkinkan konsumen untuk memberikan rekomendasi secara cuma-cuma di akun jejaring sosial media mereka.Oleh karenanya, memiliki konsep pengemasan yang baik bisa jadi salah satu kunci sukses meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat mereka kembali membeli dari bisnis Anda.

Pengertian Kemasan Produk

Saking banyaknya yang menyepelekan suatu kemasan produk, bahkan banyak orang yang tidak ingin repot untuk menginvestasikan waktu dan uang mereka untuk memilih kemasan yang tepat. Sebelum membahas tentang apa saja fungsi dan jenis-jenis kemasan yang perlu diketahui dan bisa menjadi ide bagi bisnis Anda, kami akan membagikan pengertian dari kemasan produk itu sendiri.Secara umum, kemasan memiliki pengertian sebagai sebuah desain yang kreatif dimana di dalamnya terkandung bentuk, warna, struktur, citra serta tipografi dari sebuah produk. Desain kreatif ini sengaja dibuat supaya produk yang akan dijual memiliki kelayakan yang baik sebelum berada di tangan konsumen.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya diatas bahwa kemasan produk yang dibuat dengan baik, bagus, kreatif, dan unik, mampu mempengaruhi permintaan konsumen. Singkatnya, produk dengan kemasan yang bagus mempunyai daya jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk yang dikemas dengan seadanya.Selain itu, kemasan juga memiliki pengertian umum lainnya seperti sebuah unsur produk yang pertama kali akan dilihat oleh konsumen. Kemasan sebuah produk akan memberikan kesan pertama pada sebuah produk dan brand. Sehingga jika produk Anda ingin diminati oleh banyak orang, sangat disarankan untuk membuat kemasan produk sebaik mungkin.Inilah alasan utama mengapa produsen atau para pelaku usaha membuat kemasan produk yang beragam baik dari bentuk, tipografi, desain serta warnanya.

Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli

Jika diatas adalah pengertian kemasan secara umum, kita perlu mengetahui pengertian kemasan menurut beberapa para ahli yang bisa dijadikan sebagai referensi.Klimchuk dan Karasovec berpendapat bahwa kemasan merupakan sebuah desain kreatif yang fungsinya sebagai pelindung, pembungkus serta sebagai alat untuk mengidentifikasi sebuah produk. Sedangkan Kotler dan Keller mengartikan kemasan sebagai kegiatan menciptakan sebuah wadah atau bungkus dan merancangnya dengan desain tertentu dimana wadah ini nantinya berguna sebagai alat pembungkus produk.Jika pengertian kemasan yang disebutkan oleh Klimchuk dan Karasovec berdasarkan fungsinya, pengertian Kotler dan Keller menekankan bahwa kemasan sebagai kegiatan atau aktivitas memproduksi wadah yang membungkus produk dimana didalamnya juga termasuk mendesain, merancang hingga proses kemasan tersebut jadi.Memproduksi atau menciptakan kemasan produk tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan luar suatu produk, tetapi juga melindungi dan menjaga kebersihannya. Tentunya hal ini menjadi nilai tambah yang sangat diperhitungkan oleh konsumen.

Fungsi Kemasan Produk

Berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi dari kemasan produk, yaitu:1. Sebagai Wadah ProdukFungsi dari kemasan yang mendasar adalah sebagai wadah suatu produk. Tujuannya adalah untuk memudahkan produk diantarkan kepada konsumen tanpa ada kendala seperti produk tercecer ataupun hilang.2. Melindungi dan Mengawetkan ProdukFungsi dasar lainnya dari kemasan adalah untuk melindungi produk dari kerusakan dan kontaminasi yang diakibatkan oleh cuaca, air, mikroba, dan lain sebagainya. Selain itu juga kemasan berfungsi untuk menjaga suatu produk agar lebih tahan lama dan awet.3. Identitas ProdukFungsi selanjutnya dari kemasan adalah sebagai identitas sebuah produk. Hal ini dikarenakan pada umumnya kemasan akan memiliki nama brand atau merek suatu produk sehingga menjadikan produk tersebut dapat dengan mudah dikenal oleh banyak orang.Apabila kemasan produk yang digunakan memiliki desain dan bentuk yang unik, brand atau merek produk tersebut bisa jadi semakin terkenal karena disukai oleh konsumen. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kemasan tidak hanya berfungsi untuk menjaga produk dari kerusakan dan menjaga kebersihan, tetapi juga dapat mempengaruhi penjualan produk itu sendiri.4. Meningkatkan EfisiensiJika produk yang dijual masih dalam bentuk bahan mentah atau terpisah atau memiliki bahan pendukung dan alat tambahan, menjadikannya sebagai satu paket yang rapi tidak hanya mempermudah dalam pengiriman, tetapi juga meningkatkan efisiensinya agar tidak ada satu pun komponen dari produk yang hilang atau tercecer. Selain itu, dengan menjadikannya sebagai satu paket, maka perhitungan modal biaya operasi dan harga jualnya bisa lebih mudah ditentukan.5. Melindungi dari Pengaruh Produk LainSeperti fungsi dasarnya yaitu untuk melindungi, kemasan produk berfungsi untuk melindungi produk dari pengaruh produk lainnya yang mungkin terjadi dalam proses pengiriman dimana produk dikirim berbarengan dengan produk-produk lainnya dari brand lain. Apalagi jika produk lain memiliki zat kimia yang memungkinkan untuk mengkontaminasi produk Anda sehingga bisa merusak kualitas produk dan membahayakan.6. Memberikan Nilai Produk yang BerbedaProduk dengan kemasan yang bagus dan rapi akan memberikan nilai tambah di mata kosumen jika dibandingkan dengan produk yang tanpa menggunakan kemasan apapun. 

Jenis-jenis Kemasan

Jenis-jenis kemasan terbagi menjadi dua kategori, yaitu kemasan berdasarkan struktur isi dan fungsinya, dan kemasan berdasarkan frekuensi pemakaiannya. Berikut dibawah ini penjelasannya.Kemasan Menurut Struktur Isi dan Fungsinya1. Kemasan PrimerYang dimaksud dengan kemasan primer adalah kemasan atau pembungkus yang langsung digunakan untuk mewadahi produk seperti bahan pangan atau bahan konsumsi. Contohnya seperti kemasan botol minuman, snack, dan lain sebagainya.2. Kemasan SekunderYang termasuk ke dalam kemasan sekunder adalah kemasan atau pembungkus yang fungsi melindungi produk dari kategori dari kemasan lainnya. Contohnya seperti kotak karton yang melindungi kaleng minuman, kotak kayu yang menjadi wadah untuk buah, dan pembungkus lainnya yang serupa.3. Kemasan TersierYang terakhir adalah jenis kemasan tersier, dimana kemasan ini dibutuhkan untuk menyimpan, mengirim, dan mengidentifikasi suatu produk. Biasanya kemasan tersier berfungsi untuk melindungi produk selama dalam proses pengiriman.Kemasan Menurut Frekuensi PemakaianJenis kemasan berdasarkan dari frekuensi pemakaiannya, terdapat tiga jenis yang perlu diketahui, yaitu kemasan yang dipakai berulang kali, kemasan sekali pakai, dan kemasan yang bisa digunakan secara permanen. Kemasan sekali pakai contohnya seperti bungkus permen, bungkus plastik, dan lain sebagainya. Sedangkan kemasan yang bisa dipakai berulang kali contohnya seperti botol kecap, botol minuman, kaleng biskuit, dan lain sebagainya.


You Might Also Like