Komunikasi dalam melakukan bisnis adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan agar bisa terhindar dari kesalahpahaman ketika berkaitan dengan segala sesuatu yang berkenaan dengan bisnis.Tak bisa dipungkiri bahwa komunikasi yang baik, benar, dan juga tepat akan membuat proses bisnis dapat berjalan lancar serta sesuai dengan apa yang diharapkan. Contohnya saja dalam hal ini, proses pemasaran dengan konsumen, rekan kerja, bahkan pihak investor. Karena itulah, wajar bila dalam pengumuman suatu lowongan pekerjaan terbuka, tak jarang perusahaan memasukkan “mempunyai kemampuan komunikasi yang baik” sebagai persyaratan wajib yang wajib dimiliki oleh calon karyawan. Jadi, begitu pentingkah komunikasi dalam berbisnis? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
Apa Itu Komunikasi Bisnis?
Secara umum, komunikasi diartikan sebagai suatu proses penyampaian serta penerimaan pesan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Jadi, apabila komunikasi dilakukan dengan tepat maka tidak akan terjadi kesalahpahaman dan persepsi yang berbeda antara sang pemberi informasi dengan yang menerima informasi atau pesan. Sementara itu komunikasi bisnis bisa diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi yang dilakukan dalam dunia bisnis. Kegiatan ini sangat berperan penting untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada semua pihak yang sedang berkecimpung dan terlibat dalam bisnis. Dengan kata lain, komunikasi bisnis ini merupakan proses berbagi informasi antara orang-orang yang berada di dalam dan di luar bisnis. Dan agar komunikasi bisnis tersebut bisa berjalan efektif maka cara karyawan serta manajemen dalam berinteraksi itu haruslah baik dan tepat demi mencapai tujuan bisnis yang diharapkan. Sementara itu menurut beberapa ahli, definisi komunikasi bisnis adalah sebagai berikut.Floyd (2006) mendefinisikan komunikasi bisnis sebagai komunikasi yang digunakan di dalam dunia bisnis yang didalamnya terdiri atas berbagai jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis yang diharapkan.Purwanto (2003) mengartikan komunikasi bisnis sebagai salah satu bentuk kegiatan yang meliputi pengiriman juga penerimaan informasi dan pesan antara orang per-orang, kelompok kecil, atau bahkan dalam satu lingkungan atau lebih yang bertujuan agar bisa mempengaruhi perilaku orang-orang dalam suatu perusahaan atau organisasi.Unsur-unsur Pokok dalam Komunikasi Bisnis
Ada beberapa unsur pokok dalam komunikasi bisnis yang semestinya Anda tahu, diantaranya:Pertama, ada narasumber alias orang yang ingin menginformasikan atau menyampaikan pesan kepada pihak lain. Kedua, ada penerima pesan yang akan menerima pesan atau informasi dari narasumber. Ketiga, punya beragam isi informasi atau pesan yang akan disampaikan. Isinya bisa berupa gagasan, instruksi, ide, opini, pendapat, informasi keputusan, dan masih banyak lagi tergantung pada apa yang menjadi tujuan pertemuan bisnis tersebut dilakukan. Keempat, komunikasi yang dilakukan harus punya tujuan yang sejalan dengan tujuan perusahaanKelima, memakai media tertentu sebagai sarana yang dipakai untuk mengirimkan informasi atau pesan. Media-nya bisa secara langsung melalui percakapan mouth-to-mouth, atau dengan memakai saluran personal dan impersonal agar bisa bertatap muka. Bisa juga menggunakan cara tidak langsung yakni dengan memakai media sosial serta tulisan dan pesan secara elektronik yang mampu menjangkau banyak orang dalam waktu bersamaanKeenam, ada feedback yakni proses dimana sang penerima pesan memberikan tanggapan karena sudah memahami isi dan maksud pesan atau informasi yang disampaikan oleh narasumber.Ketujuh, tak jarang antara si penyampai dan penerima pesan memakai simbol atau sinyal tertentu dalam berkomunikasi sebagai sebuah metode yang dapat dipahami dan dimengerti secara bersama-samaStrategi yang Tepat agar Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Efektif
Apa saja strategi tepat yang bisa dilakukan agar komunikasi bisnis bisa berjalan dengan efektif? Sebagai informasi, strategi atau bisa juga disebut sebagai rencana (planning) merupakan bagian yang penting dalam sebuah komunikasi bisnis. Tujuannya adalah supaya bisnis Anda berjalan lancar dan mampu menghasilkan banyak keuntungan. Dengan memiliki strategi yang tepat, komunikasi bisnis Anda pun akan mudah diterima oleh si penerima pesan serta dapat berjalan tanpa hambatan yang berarti. Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan bila ingin strategi yang digunakan tepat saat melakukan komunikasi bisnis. Pertama, pahami siapa target penerima pesan dan informasi AndaKedua, kenali siapa saja orang-orang atau pihak yang dirasa akan dengan mudah menerima pesan dan informasi yang akan Anda sampaikan sebagai narasumberKetiga, tentukan berapa jumlah penerima pesan dan informasi AndaKeempat, perkirakan kira-kira bagaimana bentuk reaksi yang akan ditunjukkan oleh si penerima pesanKelima, ukur seberapa besar tingkat pemahaman si penerima pesan atau informasi tersebut terhadap isi pesan atau informasi yang akan Anda berikanKeenam, cari tahu seberapa besar ketergantungan si penerima pesan atau informasi tersebut dengan informasi Anda. Dengan kata lain seberapa butuh mereka dengan informasi AndaPenting diketahui bahwa di dalam suatu komunikasi bisnis, pesan-pesan yang disampaikan itu bisa dilakukan melalui beragam cara. Anda bisa menyampaikannya langsung tatap muka, ataupun melalui beberapa media seperti lewat gambar, audio visual, dan audio. Namun, terkadang meski strategi yang digunakan sudah tepat, bila cara-cara penyampaiannya kurang baik maka dampaknya juga tidak baik lho! Karena itulah, sebagai seorang pelaku bisnis Anda juga dituntut untuk bisa menerapkan beberapa cara berikut saat melakukan komunikasi bisnis. Apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya!- Harap sabar apalagi saat terjadi perbedaan pendapat dan bersitegang. Ingat bahwa tak semua orang memiliki waktu yang sama untuk mampu mencerna informasi dan pesan yang mereka dapatkan
- Tak ada salahnya mendengarkan dengan baik dan detail semua pesan, informasi, gagasan, ataupun instruksi yang diberikan narasumber sebelum memberikan respons, komplain, dan lain-lain. Selain itu, menjadi pendengar yang baik dalam suatu komunikasi bisnis juga mencerminkan bahwa Anda memiliki etika yang baik dalam berbisnis
- Hilangkan segala prasangka dan penilaian buruk bahkan sebelum komunikasi bisnis itu dimulai. Hal ini wajib Anda terapkan kepada siapa saja lawan bicara Anda karena prasangka yang buruk bahkan sebelum benar-benar bertemu untuk pertama kalinya akan sangat mempengaruhi semua pihak yang sedang melakukan komunikasi
- Hindari miskomunikasi dengan tak malu bertanya apabila Anda tidak memahami isi pesan atau informasi yang diberikan oleh narasumber. Apabila Anda bertindak sebagai si pemberi informasi, maka ada baiknya untuk memberikan kesempatan kepada lawan bicara untuk bertanya jikalau ada pesan atau informasi yang tidak mereka pahami