Mengenal Seputar Pangsa Pasar Untuk Kemajuan Bisnis

mengenal_seputar_pangsa_pasar_untuk_kemajuan_bisnis

Pada dasarnya pangsa pasar adalah bagian dari seluruh permintaan akan suatu  produk yang menggambarkan kelompok pelanggan berdasarkan karakteristik tertentu. Klasifikasi pelanggan ini dapat dikelompokkan berdasarkan pendapatan, jenis kelamin, usia, status sosial dan tingkat pendidikan.Pangsa pasar atau market share juga dapat dipahami sebagai bagian  pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi penjualannya, biasanya dinyatakan dalam persentase. Pangsa pasar juga berarti persentase total nilai  penjualan  suatu perusahaan dari berbagai sumber beserta total nilai  produk  suatu industri tertentu.

Tujuan Pangsa Pasar

Pangsa pasar atau market share sering dikaitkan dan digunakan sebagai  indikator khusus daya saing pasar untuk tujuan mencatat kinerja dan pertumbuhan perusahaan relatif terhadap pesaing. Metrik ini juga berguna sebagai suplemen untuk mengukur perubahan dalam  penjualan,  berguna dalam membantu manajer menilai kebutuhan utama pasar mereka.Menggunakan metode ini akan membantu mereka untuk menilai banyak hal termasuk pergerakan pasar, tren pasar, pelanggan atau pesaing di bidang bisnis yang sama.Secara umum, pertumbuhan penjualan yang didorong oleh permintaan primer akan  lebih murah dan sangat menguntungkan bagi perusahaan daripada pertumbuhan pasar yang diambil alih oleh pesaing yang sama.Sebuah perusahaan dengan pangsa pasar di bawah rata-rata mungkin tidak akan bertahan lama, karena tren pangsa pasar produk perusahaan dan  produk individu juga merupakan indikator awal potensi masalah atau peluang  yang mungkin terjadi di masa depan.Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pangsa pasar dapat menjadi aset yang dibutuhkan dan diinginkan oleh banyak perusahaan pesaing. Namun, banyak  ahli menyarankan bahwa pangsa pasar tidak boleh dianggap sebagai  tujuan atau kriteria dasar dalam merumuskan kebijakan ekonomi perusahaan.

Mengukur Keberhasilan Bisnis dalam Hal Pangsa Pasar

Seperti  dijelaskan di atas, pangsa pasar adalah salah satu metrik yang dapat digunakan bisnis untuk mengukur kinerjanya relatif terhadap pesaingnya.Beberapa faktor yang menghambat perusahaan untuk memperoleh pangsa pasar, seperti pangsa pasar yang berlebihan, peningkatan jumlah pesaing komersial, penurunan daya saing perusahaan dan penghentian promosi, pencapaian pasar sasaran, atau pasar sasaran yang tidak tepat.

Bagaimana Mengetahui Ukuran Pasar

Untuk mengetahui dan menentukan ukuran pasar dan pangsa pasar, diperlukan riset pasar yang sangat teliti. Untuk itu, setiap wirausahawan harus mampu mengidentifikasi pasar yang dihadapinya, sehingga dapat melihat potensinya. Kemudian pengusaha juga perlu mengetahui siapa saja pesaing yang ada di pasar dan berapa banyak pasar yang sudah dikuasai oleh pesaing tersebut.Dalam hal ini sebaiknya perusahaan  merencanakan strategi yang matang untuk mengembangkan strategi pemasaran dan juga mengurangi segmen produk, sehingga kegiatan promosi dapat lebih tepat sasaran.

Jenis Pangsa Pasar

Untuk lebih jelasnya mengenai pangsa pasar, Anda perlu mengetahui jenis pangsa pasar yang sesuai untuk diterapkan pada bisnis Anda. Mengapa? Sebab, setiap perusahaan akan bisa mendapatkan informasi mengenai pangsa pasarnya sebelum dan sesudah analisis penjualan produk. Pangsa pasar ini dapat Anda bagi menjadi dua kategori yang berbeda yaitu pangsa pasar yang diperoleh berdasarkan nilai dan volume, yang keduanya memiliki metrik tersendiri untuk mengukurnya.Untuk kelas pangsa pasar nilai, total pangsa pasar akan dihitung berdasarkan total segmen penjualan. Dalam hal ini, dapat dipahami bahwa perusahaan akan menghitung semua data sesuai dengan harga sebenarnya.Pada kategori market share as value, market share secara keseluruhan  akan dihitung berdasarkan total segmen penjualan. Dari sana, perusahaan dapat menghitung semua data berdasarkan harga sebenarnya.Sedangkan jenis  volume pangsa pasar akan menggunakan semua data berdasarkan data penjualan yang mengacu pada jumlah unit. Jadi pangsa pasar jenis  ini akan lebih fokus pada jumlah total barang yang telah terjual di pasar.Biasanya kedua jenis pangsa pasar di atas tidak dapat ditempatkan pada satu titik linier yang sama, karena  perusahaan mungkin memiliki nilai yang lebih tinggi, tetapi volume pangsa pasarnya kecil.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Dengan memahami pentingnya pangsa pasar yang akan dibidik oleh suatu bisnis, Anda akan memahami kekuatan dan kelemahan bisnis tersebut serta mampu mengantisipasi kebutuhan pasar.Untuk dapat mengetahui kelebihan dan  kekurangan suatu perusahaan, selanjutnya dapat dilakukan analisis dengan menggunakan metode SWOT. Jadi, Anda dapat mengetahui  apa  yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda.Namun, untuk meningkatkan pangsa pasar atau market share  suatu perusahaan, hal lain harus dilakukan. Cara-cara yang bisa Anda coba pilih adalah:

  • Pilih jenis usaha yang baru dan belum banyak pesaingnya.
  • Pastikan Anda  berhasil  menjalankan bisnis.
  • Menentukan visi dan misi Perusahaan dari perusahaan yang menganalisis pesaing. 
  • Pelacakan untuk memindahkan harga industri dimaksudkan dan menentukan harga yang paling cocok.
  • Membangun dan menciptakan jaringan pasar yang besar sehingga bisnis dapat menjadi lebih besar.

Keuntungan dan Kerugian Pangsa Pasar

Keuntungan Pangsa Pasar

Seperti yang telah dibahas bersama, pangsa pasar ini adalah alat yang dapat digunakan untuk merancang strategi, karena perusahaan ini harus mengetahui tingkat keunggulan di pasar sebagian sebagai  indikator nilai.Keuntungan utama dari pangsa pasar adalah dapat digunakan untuk membandingkan dua  atau lebih perusahaan yang  bersaing di pasar yang sama dan juga dapat menunjukkan tingkat persaingan  total terhadap semua perusahaan di pasar yang sama.Sehingga nantinya, pangsa pasar atau market share dapat memberitahu perkembangan perusahaan. Jika perusahaan melihat peningkatan pangsa pasarnya selama beberapa kuartal berturut-turut, itu berarti telah mengetahui cara memproduksi dan memasarkan produk yang tepat sesuai dengan permintaan pasar.

Kekurangan Pangsa Pasar

Sebagai alat yang dapat membantu mengembangkan citra awal perusahaan,  pangsa pasar juga memiliki kelemahannya sendiri. Nilai  pangsa pasar  tidak ada artinya jika terisolasi. Total pendapatan sebagai  faktor kunci dalam menentukan pangsa pasar  memberikan sedikit wawasan tentang profitabilitas perusahaan.Jika perusahaan telah merebut sebagian besar pangsa pasar, tetapi memperoleh keuntungan yang sedikit dibandingkan rekan-rekannya, pangsa pasar mungkin menjadi indikator yang kurang penting dari keberhasilan perusahaan perusahaan sekarang dan di masa depan.Pangsa pasar juga dapat menampilkan informasi yang relevan dengan pasar yang relevan dengan bisnis itu sendiri, karena beberapa pasar sudah dikuasai oleh satu atau sekelompok bisnis, sehingga tidak mungkin bagi bisnis lain untuk bersaing di bidang industri.Kekuatan monopolistik yang mereka bangun hampir tidak dapat dipatahkan oleh usaha kecil lainnya, sehingga analisis pangsa pasar hanya akan memperkuat fakta bahwa usaha kecil hanya dapat menangkap peluang dengan  keuntungan kecil, keuntungan kecil.Pangsa pasar atau market share  adalah  bagian dari seluruh permintaan terhadap suatu produk yang menggambarkan kelompok pelanggan berdasarkan karakteristik tertentu. Pangsa pasar dibagi menjadi dua,  berdasarkan nilai dan massa.Namun, terlepas dari jenis pangsa pasar, pangsa pasar terutama digunakan untuk mengukur daya saing pasar, untuk mendaftarkan cara dan pengembangan kinerja perusahaan untuk lukisan pesaing tepi.


You Might Also Like